Obsat ke-190: Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan & Anak

  1. Kanker serviks tidak menular melalui ciuman, tapi bisa terjadi melalui hubungan seksual:

    1. Hubungan seksual terlalu dini

    2. Berganti-ganti pasangan

    3. Anak yang lebih dari tiga

    4. Higienitas yang berlebihan (seperti menyemprotkan antiseptik hingga masuk ke dalam vagina)

  2. Tips:

    1. Kinaryosih: jangan stres, berbincang dengan suami, makanan dijaga (bukan berarti harus diet), olahraga benar, dan tidur cukup. Untuk filter hoax lewati saja.

    2. Rahne Putri: merencanakan kehamilan maupun tidak, pola hidup sehat diperlukan serta berserah diri kepada Tuhan. Untuk hoax, lebih banyak membaca, punya referensi serta berani menghentikan lingkaran hoax dengan berani menyindir para penyebar hoax.

    3. Kartika Susanti: aktif dan mengingatkan kepada sesama agar hoax dapat berkurang

    4. Dr. Yuslam Edi Fidianto, SpOG: tanyakan setiap hal yang tidak jelas (list terlebih dahulu info apa saja yang ingin diketahui, termasuk hoax atau mitos), jika ingin punya anak, jangan mengikuti keinginan lingkungan dan jangan stres. Serta melakukan pre-marital konseling.

  3. Berapa lama waktu yang dibutukan kista untuk terbentuk? Bagaimana cara menghilangkan kista?

    Kista fungsional dan kista yang sebenarnya. Kista fungsional tidak mempengaruhi kesuburan. Namun kista yang sebenarnya akan muncul saat sudah terpapar hormon estrogen. Jika ingin menghilangkan kista, dapat dengan meminum obat anti estrogen (umumnya obat tradisional).

  4. Endometriosis dan myom ada hubungannya dengan genetika keluarga.

  5. Bagaimana untuk menentukan jenis kelamin anak saat merencanakan ingin hamil?

    1. Menghitung dengan genetik keluarga

    2. Berhubungan ditentukan pada saat sebelum/sesudah ovulasi

    3. Mengubah keasaman alat kelamin wanita (seperti banyak mengonsumsi serat atau dengan menyemprotkan cuka/melon satu atau dua jam sebelum berhubungan)

    4. Sperma x-anak wanita (datang lambat mati lambat, sebelum ovulasi dapat berhubungan)

    5. Sperma y-anak lelaki (lari cepat mati cepat, berhubungannya setelah ovulasi)

  6. Untuk memerangi penyebaran berita bohong:

    1. Anda dapat melaporkan situs-situs yang dianggap hoax ke trustpositif.kominfo.go.id

    2. Anda dapat melihat katalog hoax di data.turnbackhoax.id

    pastikan jangan menjadi pembaca pasif, laporkan atau pastikan berita yang telah disebarkan

  7. Kolesterol tinggi untuk ibu hamil adalah sebuah kewajaran. Ibu hamil justru dilarang untuk berdiet karena masing-masing janin mempunyai daya serap nutrisi masing-masing. Setiap kehamilan akan berbeda berat badan.

  8. Fase Kehamilan:

    Fase 1: Fase organogenesis, fase pembentukan tubuh bayi dan paling memerlukan karbohidrat untuk energi. Bukan memerlukan susu kehamilan yang khusus. Serta ibu hamil sebenarnya boleh minum kopi (dalam jumlah minimal) jika tidak ada hipertensi, sakit maag.

    Fase 2: Lebih membutuhkan protein

    Fase 3: Membutuhkan keseimbangan karbohidrat, lemak, dan protein.

  9. Mafindo memberi usul masukan pemerintah menekan hoax lebih utama mendorong masyarakat mengingatkan. Mafindo juga bekerjasama kepada Facebook, Google, Twitter, dan kelompok2 keagamaan untuk menekan hoax.

  10. Apa yang dilakukan Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) untuk menangkal/menekan hoax?

  11. Menurut pengalaman Rahne Putri, sharing is caring terkadang jadi alasan seseorang ketika menyebarkan hoax. Terutama dari lingkungan terdekat seperti keluarga (umumnya yang lebih tua) yang kurang paham tapi mudah percaya.

  12. Untuk ibu hamil, jika ingin makan daging sebaiknya memilih daging sapi. Steak lebih disarankan daripada sate karena lebih sehat cara memasaknya. Arang untuk membakar sate dapat menyebabkan kanker.

  13. Menurut Dr. Yuslam Edi Fidianto, SpOG, air kelapa hijau mengandung elektrolit, boleh saja diminum tapi jangan kebanyakan karena dapat menyebabkan lemas. Namun, air kelapa hijau tidak ada hubungannya dengan rambut maupun kulit bayi.

  14. Menurut Rahne Putri, saat hamil, ia menjadi lebih clueless karena banyak pantangan dan saran yang belum tentu benar yang harus dilakukan meskipun tidak sesuai dengan keinginannya.

  15. Mitos yang sedang dijalani oleh Kinaryosih adalah minum air kelapa hijau agar rambut anaknya yang berjenis kelamin perempuan dapat lebih tebal dan hitam, serta tidak sering flu.

  16. Jika Anda tidak dapat hadir ke venue Obsat ke-190: Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan & Anak, Anda dapat menyaksikan secara langsung di kanal Youtube berikut ini.

  17. Acara Obsat ke-190: Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan & Anak sudah dimulai.

  18. Dengan dimoderatori oleh Kristin Amelina dari Beritagar.id, Obsat ke-190: Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan & Anak, menghadirkan narasumber Dr. Yuslam Edi Fidianto, SpOG (Mayapada Hospital), Kinaryosih (Artis), Rahne Putri (Blogger), Kartika Susanti (@TurnBackHoax)

  19. Obsat ke-190: Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan & Anak
    Obsat ke-190: Mitos Dan Fakta Seputar Kehamilan & Anak